Minggu, 17 November 2019

Mengenal Makanan Jawa Timuran Lebih Dekat

BEBERAPA MAKANAN KHAS JAWA TIMUR :

Rujak Cingur


rujak cingur
makanan khas jawa timur
Rujak cingur juga masuk dalam pilihan makanan khas Jawa Timur yang tidak bisa dilewatkan. Jika Anda suka dengan menu rujak, maka menu ini harus Anda coba terutama saat berkunjung ke daerah di Jawa Timur.
Seperti namanya, bahan utama dalam menu ini adalah cingur yang merupakan bagian dari mulut sapi. Meskipun secara umum terlihat aneh dan tidak biasa, namun saat merasakannya Anda pasti akan ketagihan. Hal ini dikarenakan cingur yang awalnya cukup kenyal diolah sedemikian rupa sehingga menjadi lebih lunak.
Nah, bahan cingur tersebut ditambahkan dengan beberapa sayuran, tahu dan tempe. Setelah itu, bahan-bahan ditambahkan dengan bumbu yang dibuat dari gula merah, petis, kacang tabah dan cabai. Rasa menu makanan khas Jawa Timur ini cenderung pedas dan menyegarkan. Ditambah dengan kerupuk udang, menyantap rujak cingur tentu lebih lezat.

Pecel Lele


Pecel Lele
makanan khas jawa timur
Lamongan menjadi daerah yang sangat terkenal dengan makanan yang satu ini. Meskipun menu makanan khas Jawa Timur ini ditemukan di daerah lainnya dengan beragam inovasi yang berbeda, namun pecel lele khas Lamongan, Jawa Timur memiliki ciri khas yang membuatnya tidak tergantikan.
Pecel lele dibuat dengan bahan baku ikan lele yang sudah dibersihkan dan digoreng. Nah, uniknya pecel lele dari Lamongan ini digoreng dengan cukup kering sehingga daging lele akan lebih renyah dari sebelumnya. Selain itu, pecel lele disajikan dengan sambal matang atau pun mentah dan ditambah beberapa lalapan seperti mentimun dan kemangi.
Nah, makanan khas Jawa Timur ini biasanya lebih banyak ditemukan di malam hari sebagai salah satu menu makan malam istimewa, khas dan terjangkau. Hanya, di beberapa tempat, terutama pusat keramaian, menu ini juga cukup banyak disajikan di siang hari.

Sambal Wader


sambal wader
makanan khas jawa timur
Saat Anda berkunjung ke Jawa Timur, lebih tepatnya ke daerah Mojokerto, maka jangan lupa untuk meluangkan waktu menyantap makanan ini. Ya, sambal wader adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang begitu nikmat dan populer. Anda yang menyukai sajian ikan tawar dan makanan pedas tentu akan sangat menyukai makanan ini.
Nah, bahan utama dari makanan khas Jawa Timur ini adalah ikan wader. Wader merupakan ikan air tawar berukuran kecil yang sangat mudah dijumpai di sungai-sungai yang mengalir. Ikan ini memang sengaja diambil saat ukuran tubuhnya masih beberapa sentimeter saja.
Kemudian, ikan digoreng kering dan disajikan dengan sambal pedas khas Jawa Timur yang mantap. Paduan rasa gurih dan pedas lumer di lidah yang membuat Anda pasti akan ketagihan. Menu makanan khas ini sangat cocok untuk disantap saat makan siang bersama dengan keluarga Anda. https://moondoggiesmusic.com/makanan-khas-jawa-timur/

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Sauce Salad Roll

Resep Sauce Kacang Salad Roll Saus kacang: 3 sdm selai kacang tawar 2 siung bawang putih, cincang halus 1 sdm minyak zaitun 5 sdm saus H...